Mengenai Saya

Foto saya
"KATAKAN YANG KAMU LAKUKAN, LAKUKAN APA YANG KAMU KATAKAN" KONSEP KEJUJURAN, DISIPLIN DAN KONSISTENSI

Contoh RPP Chassis Otomotif

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : ( PRODUKTIF ) CHASIS
Kelas/Semester : XI / GANJIL
Pertemuan : 1, 2
Alokasi Waktu : 8 x 45

Standar Kompetensi :
- Pemeliharaan / servis unit kopling dan komponen – komponennya
Kompetensi Dasar
- Memelihara/ servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian.
Indikator
- Siswa dapat menyebutkan komponen – komponen kopling
- Siswa dapat menghapal komponen komponen kopling
- Siswa dapat mempraktekkan cara pemeliharaan unit kopling dan komponen - komponennya.
Kode Kompetensi
- OPKR – 30 – 001B
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan komponen – komponen dari kopling
2. Siswa dapat menghapal komponen komponen dari kopling
3. Siswa dapat mempraktekkan cara pemeliharaan unit kopling dan komponen - komponennya.
II. Materi Ajar
- Memelihara/ servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian.
III. Metode Pembelajaran
- Teori
- Praktek
IV. Langkah – langkah pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Guru menyampaikan salam dan siswa menjawab salam
- Guru mengucapkan basmallah
- Guru melakukan presensi siswa
- Guru melakukan pengelolaan kelas agar siswa siap menerima pelajaran
- Guru mengulas secara global materi yang telah disampaikan
B. Kegiatan Inti
• Guru mengorganisir kelas untuk belajar dan menyampaikan target belajar yang harus dicapai.
• Guru memberikan pertanyaan dengan menunjukkan benda- benda yang berhubungan dengan pemeliharaan kopling dan komponen - komponennya.
• Siswa merespon dari pertanyaan guru
• Siswa dapat mengetahui nama-nama komponen – komponen dari kopling.
• Siswa melaksanakan praktek pemeliharaan/servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian (mekanisme penggerak mekanis, hidrolis dan peneumatis )
C. Kegiatan Penutup
• Guru menilai tugas praktek siswa.
• Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan.
• Guru mengucapkan tahmid dan menyampaikan salam.
• Siswa menjawab salam.
V. Alat /Bahan/ Sumber belajar
• Peralatan tangan/hand tools, pelumas yang sesuai dengan peralatan dan peralatan khusus/special tools
• Katrol, perlengkapan pengangkatan, peralatan bertenaga/power tools, dongkrak/jack stand
• Modul Pembelajaran


VI. Penilaian
a. Jenis tes
• Tes Tulis
• Tes Lisan
• Tes Praktek
b. Bentuk Tes
• Tes Tulis : Soal
• Tes lisan : Quisioner
• Tes Praktek : kompetensi Individu
c. Alat Tes ( Penskoran )
• Tes Tulis : Lembar Soal
• Tes Lisan : Quisioner
• Tes Praktek : Mobil intruksi
Komponen – komponen kopling


Wk. Kur / Kaprog Teknik Mekanik Otomotif                                            Guru Mata Diklat





         EKO WAHYUDIONO, S.Pd                                                      AGUS TRIONO, S.Pd., ST

Mengetahui
Kepala Sekolah,





SRI HIDAYATI ,S.Pd
NIP : 131 474 414


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran          : ( PRODUKTIF ) CHASIS
Kelas/Semester          : XI / GANJIL
Pertemuan                 : 1, 2

Alokasi Waktu           : 8 x 45

                         

Standar Kompetensi    :

-          Perbaikan kopling dan komponen – komponennya.

Kompetensi Dasar

-          Melepas/ mengganti unit kopling dan komponen-komponen-nya.
-          Mempraktekkan cara Membongkar/ mem-perbaiki komponen-komponen sistem pengoperasian kopling

Indikator

-          Siswa dapat menyebutkan komponen – komponen dari kopling
-          Siswa dapat menghapal komponen komponen dari kopling
-          Siswa dapat mempraktekkan cara membongkar dan memperbaiki kopling dan komponen - komponennya.
Kode Kompetensi     
-          OPKR – 30 – 002B

I  Tujuan Pembelajaran

-          Siswa dapat menyebutkan komponen – komponen dari kopling
-          Siswa dapat menghapal komponen komponen dari kopling
-          Siswa dapat mempraktekkan cara membongkar dan memperbaiki kopling dan komponen - komponennya.

II  Materi Ajar

-          Melepas/ mengganti unit kopling dan komponen-komponen-nya.
-          Mempraktekkan cara Membongkar/ mem-perbaiki komponen-komponen sistem pengoperasian kopling

III  Metode Pembelajaran

-           Teori
-          Praktek

IV  Langkah – langkah  pembelajaran

§  Kegiatan Awal

-          Guru menyampaikan salam dan siswa menjawab salam
-          Guru mengucapkan basmallah
-          Guru melakukan presensi siswa
-          Guru melakukan pengelolaan kelas agar siswa siap menerima pelajaran
-          Guru mengulas secara global materi yang telah disampaikan

§  Kegiatan Inti

·         Guru mengorganisir kelas untuk belajar dan menyampaikan target belajar yang harus dicapai.
·         Guru memberikan pertanyaan dengan menunjukkan benda- benda yang berhubungan dengan perbaikan kopling dan komponen - komponennya.
·         Siswa merespon dari pertanyaan guru
·         Siswa melepasan dan pengganti-an kopling dan komponen-komponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan keru-sakan terhadap komponen/ sistem lainnya.
·         Siswa dapat membongkar dan perbaiki kopling tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Kegiatan Penutup
·         Guru menilai tugas praktek siswa.
·         Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan.
·         Guru mengucapkan tahmid dan menyampaikan salam.
·         Siswa menjawab salam.

V  Alat /Bahan/ Sumber  Belajar

·         Peralatan tangan, jack stands, perlengkapan pengangkat, peralatan pelurus pemasang kopling
·         Katrol, peralatan bertenaga/power tools, mesin pres
·         Modul Pembelajaran
VI  Penilaian
§  Jenis tes
·         Tes Tulis
·         Tes Lisan
·         Tes Praktek
§  Bentuk Tes
·         Tes Tulis          : Soal
·         Tes lisan          : Quisioner
·         Tes Praktek     : kompetensi Individu
§  Alat Tes ( Penskoran )
·         Tes Tulis          : Lembar Soal
·         Tes Lisan         : Quisioner
·         Tes Praktek     : Mobil intruksi
  Komponen – komponen kopling

Wk. Kur / Kaprog Teknik Mekanik Otomotif                                            Guru Mata Diklat






         EKO WAHYUDIONO, S.Pd                                                      AGUS TRIONO, S.Pd., ST



Mengetahui
Kepala Sekolah,





SRI HIDAYATI ,S.Pd
NIP : 131 474 414


Tidak ada komentar: